Masjid Agung Tasikmalaya

| 2 komentar

SAAT melewati pusat kota di Jalan KH Zainal Mustofa, Kota Tasikmalaya, saya terpesona dengan bangunan masjid yang satu ini. Masjid ini memiliki ciri khas dengan konsep atap dengan warna kuning emas juga empat menara yang menyerupai Masjid Haram di Mekah (Sok Tau Dikit. Hehe).
Sedikit catatan katanya sih Mesjid Agung Tasikmalaya dibangun oleh Bupati Sumedang Raden Tumenggung Aria Suryaatmaja pada tahun 1886 hingga 1888 masehi diatas tanah seluas 400 bata atau 6.000 meter persegi.
Setelah selesai, bangunan mesjid tersebut kemudian diserahkan kepada Patih Demang Sukma Amijaya Tasikmalaya untuk kemudian diurus dan dikembangkan. Seiring waktu ke waktu, renovasi kemudian dilakukan karena berbagai kejadian alam yang terjadi. Seperti pada tahun 1977 terjadi gempa hebat yang membuat bangunan mesjid retak dan arsitektur manapun tidak mampu merenovasinya, akhirnya renovasi dilakukan secara total dengan cara menghancurkan dan mendirikan kembali bangunan mesjid dengan konsep baru.
Terakhir, renovasi total dilakukan pada tahun 2000 atas kesepakatan bersama pemerintah Kab Tasikmalaya dan para ulama. Pasalnya, bangunan mesjid banyak dikira oleh musafir yang hendak berziarah sebagai bangunan pabrik. Warga Tasikmalaya kemudian bahu membahu menggalang dana hingga terkumpul uang sebesar Rp7,9 miliar, akhirnya mesjid kembali direnovasi secara total dengan arsitek Slamet Wirasonjaya. Luas lahan saat ini menjadi 500 bata atau 7.215 meter persegi dengan luas bangunan 2.456 meter persegi yang mampu menampung 8.000 jemaah.
Yang menjadi ciri khas bangunan masjid tersebut, selain memiliki empat menara yang menyerupai bangunan masjid haram di Mekkah di masjid ini memiliki sebuah bedug berukuran raksasa yang berhasil meraih penghargaan sebagai bedug terbesar dari MURI (Hebat ya??? Hehe)

Saat saya liburan ke Kota Tasik, saya sempatkan diri berfoto-foto di depan Masjid Agung ini (Biasa Narsis Dikit... xixixii :P)




Suasana pagi hari yang sejuk dan tentunya ditemani sang kekasih berjalan-jalan keliling Kota Tasik dan akhirnya aku diajak ke Masjid Agung Tasik Malaya.
Keindahan Masjid Agung ini sangat luar biasa, sampai merinding aku melihatnya.
Apa lagi ditemani sang kekasih pujaan hati, hmmmm... Romantis banget rasanya... Hehe
Ga bakal nyesel deh pokoknya aku diajak liburan ke tasik sama cowo ku...
Sedikit pamer foto-foto ku ah...
Klik Disini Yaa!!!
Makasih Kaka...
:D

2 komentar:

Irwan Cahyadi mengatakan...

sekedar koreksi saja kang, Tasikmalaya itu satu kalimat bukan Tasik Malaya.

Unknown mengatakan...

oh gtu ya???
maaf deh aku ga tau.
hehe

maaf jangan bilang kang donk, saya cwe...
huhu

mksih ya utk koreksinya...
:)

Posting Komentar